Pariwisata Menjadi Kunci Utama Investasi di Indonesia

Pariwisata menjadi salah satu kunci utama investasi di Indonesia. Sebelumnya, migas telah menjadi primadona bagi para investor yang ingin menanamkan modalnya di Indonesia. Hal ini diungkapkan anggota Tim Percepatan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas Kementerian Pariwisata, Taufan Rahmadi bahwa pertumbuhan investasi di Indonesia paling banyak didukung dari sektor pariwisata.

Taufan menjelaskan apabila wilayah memiliki potensi dan pengembangan infrastruktur pendukung terus dilakukan maka secara otomatis pertumbuhan investasi di sektor pariwisata akan terus meningkat. Hal ini dapat dilihat dari peran pemerintah yang telah membangun infrastruktur hingga ke daerah di Indonesia.

Taufan meyakini bahwa pariwisata yang tumbuh tentu investasi juga akan tumbuh. Namun apabila investasi tumbuh, sektor pariwisata belum tentu tumbuh.

Tren investasi di sektor pariwisata menjadi daya tarik sendiri bagi banyak negara di dunia yang selama ini bergantung pada sektor migas. Negara-negara yang sebelumnya lebih memilih sektor oil, gas, dan minyak bumi saat ini mulai beralih ke sektor pariwisata sebagai prioritas utama. Mereka menyadari bahwa sektor pariwisata menjadi investasi yang menjanjikan di masa depan.

Investasi pariwisata Indonesia tergantung dari pertumbuhan pariwisata

Untuk meningkatkan investasi di sektor pariwisata, masyarakat juga memiliki peran penting. Taufan mengajak masyarakat agar lebih peduli terhadap sektor pariwisata di negeri sendiri. Potensi wisata yang ada di daerah harus dikembangkan mulai dari masyarakat itu sendiri. Salah satunya adalah dengan menjaga kondisi lingkungan seperti mengatasi permasalahan sampah dan menjaga ekosistim lingkungan.

Dengan begitu pertumbuhan pariwisata akan terus meningkat. Selain itu, jika pertumbuhan pariwisata di daerah meningkat maka akan berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat di daerah tersebut juga akan meningkat.

Untuk wilayah Indonesia yang paling banyak diminati investor asing adalah Bali dan Lombok. Kedua wilayah tersebut memang memiliki potensi wisata alam yang luar biasa. Hal ini ditunjukan dari jumlah kunjungan wisatawan asing yang terus meningkat setiap tahunnya.

Dengan hadirnya investor asing juga akan memberikan kesempatan kepada investor lokal untuk lebih mengembangkan investasinya di Indonesia. Selain itu, investor lokal juga akan memberikan dampak positif kepada para calon investor asal luar negeri dalam mengembangkan bisnisnya di Indonesia. Mereka percaya bahwa hadirnya investor lokal dapat meyakinkan para investor asing mengenai peluang investasi yang ada di Indonesia.

Investor lokal seperti Tjandra Limanjaya telah lama bergelut di sektor pariwisata. Dengan dukungan dari pemerintah, dia mengungkapakan bahwa investasi di Indonesia saat ini sangat menjanjikan dari sektor ekonomi serta aman untuk masa depan. Hal ini karena pemerintah berkomitmen untuk memudahkan para investor masuk ke Indonesia dengan cara memberikan izin yang mudah.